DAIHATSU CHARMANT

Malam guys… di malam hari ini saya mau berbagi sedikit info dengan sedan satu ini… oke cek waktu ( 22.30; 11/04/16)…
damn i love sedan

kita akan sedikit mengenal sedan retro satu ini yaitu ” Daihatsu Charmant”. Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui sedan retro yang satu ini. Memang wajah rasanya kalau melihat populasi Charmant yang tidak terlalu banyak membuat mobil ini kurang dikenal. Apalagi untuk bisa melihat mobil ini berkeliaran di jalanan. Tapi hal ini yang justru membuat Charmant menjadi sedang retro langka yang dicari orang.

Daihatsu Charmant kabarnya mulai meramaikan pasar mobil di Indonesia sejak era 70-an. Saat itu, Charmant dijadikan kendaraan operasional pemerintahan. Logikanya, kalau dijadikan kendaraan operasional pemerintah harusnya keberadaan Daihatsu Charmant di Indonesia jadi banyak banget. Namun kenyataannya, keberadaan mobil ini kalah dengan mobil-mobil lainnya yang berjaya di era tersebut. Bahkan kalau ada orang mencari referensi untuk membeli mobil retro, Daihatsu Charmant jarang disebut.

Mobil ini bisa dibilang merupakan strategi mobil kembar Toyota – Daihatsu yang pertama di Indonesia. Jika pada tahun itu Toyota menghadirkan Corolla KE40 atau yang lebih dikenal dengan nama Corolla DX, maka Daihatsu memperkenalkan Daihatsu Charmant ini. Corolla DX sendiri mempunyai pangsa pasar untuk kaum menengah yang ingin memiliki sedan sedangkan Daihatsu Charmant dikenakan untuk kaum priyai sekelas dengan Mercedes Benz / Peugeot. Karena itulah populasi Daihatsu Charmant ini terbilang langka karena hanya orang tertentu yang bisa membelinya pada saat itu.

Sebenarnya Daihatsu Charmant ini dihadirkan dalam beberapa tipe yaitu Charmant LC, Charmant LD dan Charmant LE. Perbedaannya ada pada tipe mesin dan kelengkapannya seperti misalnya Daihatsu Charmant LC menggunakan mesin K series seperti pada Corolla atau Kijang sedangkan Charmant LD menggunakan mesin 4A-C. Sayangnya di Indonesia sendiri hanya Daihatsu Charmant LD yang dipasarkan oleh Daihatsu. Untuk tipe lainnya bisa saja masuk melalui importir umum.

Meski dilahirkan dengan pabrikan Daihatsu, ternyata sejatinya Charmant memiliki sel DNA dari keluarga Toyota Corolla. Maka tak heran kalau chassis dan mesin yang diusung oleh Charmant sejak generasi pertamanya tahun 1974-an hingga generasi akhir 1987-an memiliki kesamaan dengan Corolla pada generasi yang sama. Bahkan, untuk generasi akhir, mesin yang diusung oleh Charmant adalah mesin dengan kategori bertenaga di keluarga Corolla.

Uniknya mobil ini justru memiliki beberapa kesamaan dengan mobil-mobil keluaran Toyota. Terbukti dari isi dapur pacu saja sudah terlihat, mobil ini pada seri keluaran akhir sudah mengusung mesin keluarga Toyota 4A dengan kapasitas 1600cc. Untuk seri Daihatsu Charmant sendiri, mungkin terdiri dari beberapa generasi. Tapi yang saya ketahui, dan beberapa teman juga merekomendasikan waktu saya sedang mencari mobil, adalah generasi yang dipasarkan pada pertengahan tahun 80-an. Alasannya, pada saat itu memang Charmant memiliki fitur yang bisa dibilang unggul dibandingkan pesaing pada zamannya. Contohnya saja, Charmant sudah memiliki power steering dan central lock. Padahal saat itu, mobil sedan corolla Dx yang sedang menguasai pasar saja belum memiliki fitur tersebut, masih manual. Lainnya, Charmant sudah memiliki slot untuk pendingin minuman atau kulkas mini.

hahahaha… mantepkan serasa naik mobil limosin ada kulkas mini untuk minuman… keren habis pokoknya, tapi ingat jangan simpan minuman keras ntar malah salah tikungan lagi..

oke kita cek kualitas mesin nya.. ( macam teknisi aja pake cek – cek )

engine

Mesin yang dipakai Daihatsu Charmant ini sendiri ada yang mengatakan menggunakan mesin Toyota 4A-C 1600cc yang sama dengan yang digunakan Toyota Corolla Trueno AE86 tipe DX dan SR5. Di Indonesia sendiri mesin 4A-C sama persis dengan yang digunakan pada Toyota Corona Twincam 1600cc. Perbedaanya dengan mesin Daihatsu Charmant adalah jika pada Corona layoutnya FF pada Charmant ini layoutnya FR. Mesin 4A ini sama sama hebat di jalan umum maupun di sirkuit. Buktinya banyak Daihatsu Charmant yang akhirnya malah jadi mobil balap di ajang Drift. Selain itu spare part mesinpun masih sangat banyak dan bahkan part racing untuk kompetisi juga banyak tersedia dengan mengambil milik Toyota Levin/Trueno. Untuk mengganti mesin Daihatsu Charmant ini dengan 4A-GE misalnya bisa langsung dipasangkan mesin 4A-GEnya karena dudukannya tidak jauh beda dan gearboxnya sudah sangat sesuai (Daihatsu Charmant memakai gearbox Toyota seri T50).

sedan Daihatsu Charmant dengan Kode Bodi A35, dilengkapi dengan mesin 4 silinder kapasitas 1290 cc dengan 8 katup, transmisi manual 5 kecepatan. Mesin ini sama dengan mesin seri 4K pada Toyota. Selain itu sedan ini juga tersedia dengan kapasitas mesin 4 silinder (OHC), 1588 cc, 8 valve, dengan transmisi semi otomatis 3 kecepatan.

Dengan Jarak Roda : 2400 mm (94 in), dan dimensi bodi dg Panjang : 165,5 in (4204 mm), Lebar : 1625 mm (64 in), Ketinggian : 1380 mm (54 in) mobil ini cukup nyaman dikendarai dan relatip stabil untuk melibas track-track yang cukup ekstrim di arena balap dan rally.

cam mana guys… dengan harga yang relatif murah, kalo loe loe pada senang obrak abrik mesin cocok banget neh sedan…

Perbedaan Daihatsu Charmant dengan Corolla DX yang paling menonjol (eksterior) adalah perbedaan lampu utama, lampu belakang, lampu sein, kaca belakang, grill dan bumper. Sedangkan pada interiornya sendiri mobil ini menggunakan warna beige pada dashboard ,jok dan trim. Selain itu pada bagian tengah dashboard dilengkapi dengan panel kayu yang melintang dari sisi kanan ke kiri. yang nama mobil kayak kurang memperhatikan kualitas interior dan eksterior nya bro… kalo mau keren yang sedan 2016 dong… wekekekeke
interior daihatsu charmant

Kelebihan Daihatsu Charmant adalah sudah adanya power steering dari pabriknya. Selain itu mesin 4Anya terkenal bandel dan kencang. Urusan swap engine pilihannya bisa menggunakan Toyota 4A family seperti 4A-GE, 5A-FE, 7A dll tanpa banyak merubah dudukan atau mounting. Fitur fiturnya dibanding Corolla DX jelas lebih lengkap. Dan terakhir mobil ini bisa dibilang AE86 dalam bentuk sedan 4 pintu yang bisa didapat dengan harga murah.

Kelemahan Daihatsu Charmant adalah bodynya lebih rawan terhadap karat bahkan dibanding Corolla DX. Parahnya lagi part body mobil ini lumayan sulit didapat kecuali mau main main ke junk yard atau kampakan. Selain itu karena mobil ini benar benar underrated, terkadang untuk mencari part di toko onderdil penjaga tokonya akan bingung dengan mobil ini karena Daihatsu sendiri sepertinya sudah melupakan sejarah akan pernah terciptanya mobil ini.

SPESIFIKASI DAIHATSU CHARMANT
Jenis Sedan
Tipe Charmant
Mesin 4A-C SOHC 1600cc
Bore X Stroke 81 X 77 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.400 mm
Panjang 4,203 mm
Lebar 1,625 mm
Tinggi 1,380 mm

oke sekian dulu ya bro…. kalo mau cek lebih jelas dan banyak informasi bisa kunjungi beberapa sumber di bawah.. huaaaamphh:.. ngantuk bro…

bebrapa penampakan hasil modif nya>>>>>

daihatsu-charmant-modifikasilove sedan

modif 1modif 2

 

 

 

 

 

 

Sumber :

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s